Jumat, 08 September 2017

Tips Merawat dan Membersihkan laptop (penggantian pasta processor & thelmal pad chipset)

Alhamdulillah, Puji syukur Kepada Allah S.W.T yang telah memberikan umur panjang serta kesehatan sehingga penulis dapat berbagi pengalaman tentang proses merawat dan membersihkan laptop.

Berikut Tips merawat dan membersihkan laptop
1. TIPS PERAWATAN LAPTOP (PEMAKAIAN)
Penggunaan Cooling Pad

Pertama kali lakukan running test, nyalakan laptop selama 10 menit dalam kondisi normal tanpa menjalankan program, kemudian cek pada bagian bawah casing/ penutup laptop bagian bawah apakah terasa suhu panas? laptop yang baik pada kondisi seperti ini sewajarnya tidak mengalami kenaikan temperatur yang signifikan, Namun jika itu terjadi lakukan penanganan secara dini: Buka chasing belakang dan bersihkan dari debu, cek thermal paste jika sudah keringmaka segera perbaharui termal paste, biasanya termal paste kering setelah penggunaan 1tahun. jika pada menit-menit berikutnya laptop kian memanas pada bagian sirkulasi udara(bawah atau samping) maka baiknya gunakan Cooling pad.


Penggunaan Keyboard Protektor

Tidak selamanya keyboard protektor memberikan dampak positif, ada beberapa desain laptop yang menempatkan celah sirkulasi udara di bawah keyboard, sehingga pemakaian keyboard protektor seperti ini justru membuat proses pendinginan terganggu. ciri-ciri laptop dengan desain seperti ini saat hidup terasa ada udara hangat keluar dari bawah keyboard. Jika laptop anda bukan merupakan jenis sirkulasi di bawah keyboard maka ada baiknya anda menggunakan keyboard protektor.


Penggunaan LCD Protector

LCD merupakan salah satu komponen vital yang mempunyai peran penting dalam hal kenyamanan penggunaan laptop, Penggunaan LCD Protector menjadi hal yang penting mengingat lapisan terluar LCD/LED mudah tergores dan menjadi buram, gunakan LCD Protektor standar, bukan sekedar pelapis atau stiker transparan karena pada beberapa jenis stiker transparan jika digunakan pada LCD saat dilepas akan meninggalkan sisa lem yang susah dihilangkan dan JANGAN Sekali-kali membersihkan LCD dengan cairan Tiner atau bahan berkadar alkohol tinggi lainya, cukup gunakan tisu basah.




Penggunaan Shoft Case
Softcase memang terkadang menjadi pilihan para pengguna laptop untuk mempercantik tampilan laptop dan membuat kesan lebih simpel. Wajib diperhatikan bahwa fungsi utama softcase adalah untuk pengaman unit laptop, kebanyakan  pengguna memanfaatkan softcase juga untuk menyimpan charger, ya meskipun ga muat tapi karena kebanyakan pengguna(terutama mahasiswa) itu kreatif jadi muat deh tu charger bersama AC Cordnya masuk softcase, hal ini jangan dibiasakan karena berpotensi membuat LCD tertekan bahkan retak, kebiasaan fatal berikutnya yaitu membiarkan softcase tetap menempel pada laptop dalam kondisi aktif, kebanyakan desain softcase menutup rapat celah sirkulasi udara termasuk sirkulasi pembuangan utama yang berfungsi menstabilkan suhu prosesor, mungkin kalo hanya digunakan 5-10 menit saja ga masalah, tetapi untuk penggunaan yang lebih lama ya baiknya lepaslah softcase, kasihan tu laptop dah semakin berkeringat kepanasan, hehe..

Penggunaan Tas Pengaman
Gunakan tas Laptop yang memang didesain sebagai pengaman laptop, pastikan ukuran tas sesuai dengan laptop kita apakah 15", 14" 12" atau netbuk 10".

Waktu Pengisian Daya (Charging)
Jangan biasakan Charging sembarangan tanpa memperhatikan kondisi batterai, lakukan pengisian saat baterai sudah lemah, jika baterai sudah penuh maka segera lepas charger, hal ini akan membuat batterai laptop anda jauh lebih awet. Anda pernah mendengar wacana kalau laptop sedang digunakan dirumah dalam waktu yang lama maka batrai baiknya dilepas? dan anda mempraktikan itu???? hehe, berdasarkan survey lapangan kebanyakan mempraktikan itu... saya tidak menjamin jaringan PLN Dirumah anda stabil 220V/50Hz selama 24jam, terlebih lagi jika anda penghuni kos yang mana dikos anda hanya terpasang daya 450W, saat teman sekamar menyalakan Rice Cooker tegangan drop bahkan mati atau "Anjlog" laptop anda pun ikut mati seketika, kondisi tersebut sangat berpotensi merusak hardisk, sedangkan data yang tersimpan di Hardisk anda bisa jadi lebih mahal dari laptop anda...

Update Antivirus
Biasakan selalu untuk mengupdate antivirus anda, kebanyakan orang berfikir terlalu santai menyikapi virus,,"Ah, Hari gini takut virus, instal ulang pasti beres"... Ups, jangan terlalu sering instal ulang...(Apalagi pake windows bajakan)

====================================================
2. CARA MENGATASI LAPTOP CEPAT PANAS

Taukah anda, 80% penyebab kerusakan hardware laptop itu berawal dari kasus over heating / terlalu panas ? Stop!!! Jangan anggap remeh!

Coba kita amati, berapa banyak pengguna laptop di sekitar kita yang mengeluh ;
- laptop terasa lelet, lola, dikit-dikit ngeHang?
- laptop tiba-tiba mati sendiri?
- suara kipas berisik?
- laptop hanya menyala lampu indikator tetapi layar tidak tampil?

sudah tahukah sahabat bahwa semua itu terjadi berawal dari kasus over heating, bahKan kasus over heating bisa menyebabkan keluhan lebih spesifik seperti fungsi keyboard terganggu, batterai boros, bahkan kerusakan mainboard yang menjadikan laptop MATOT alias mati total!! (harga mainboard baru bisa mencapai 70-80% dari harga laptop itu sendiri)
*kenapa bisa terjadi over heating?*
Laptop dirancang sedemikian rupa agar mudah dibawa/mobile, sehingga laptop tidak memiliki ruang yang luas untuk proses pendinginan seperti pada PC desktop, desain proses pendinginan laptop umumnya mengandalkan sirkulasi udara yang di alirkan dari bagian bawah laptop kemudian di alirkan ke bagian pendingin prosesor, vga dan part lain yang mudah panas, kemudian udara panas dibuang melalui bagian samping atau belakang laptop, proses ini terus berulang untuk menjaga temperatur tetap stabil,
nah proses pendinginan inilah yang jarang diperhatikan oleh para pengguna laptop, banyak yang kurang memperhatikan tempat laptop dinyalakan diantaranya seperti tempat berikut;
- di atas kasur
- di atas bantal
- di atas karpet berdebu
- di atas karpet berbulu/berserabut tebal
- atau di tempat lain yang berpotensi menutup lubang sirkulasi udara
hal tersebut mengakibatkan komponen-komponen sensitif semakin naik temperaturnya, secara otomatis putaran kipas semakin kencang tetapi jika sirkulasi terganggu yang terjadi adalah penumpukan debu di dalam laptop dan temperatur terus naik.

Mari kita simak beberapa sample foto yang sempat kami ambil





Bagaimana solusinya?
1. Mulai sekarang juga perhatikan tempat peletakan laptop saat kondisi hidup
2. Bersihkan tempat peletakan laptop sebelum laptop dinyalakan
3. Bersihkan secara rutin bagian fentilasi bawah dan samping dengan vacum cleaner, bisa juga dengan kompresor tetapi jangan terlalu kencang.
4. ganti thermal pasta dan thermal pad, selambat-lambatnya 2 tahun sekali, laptop yang sudah lebih dari 2 tahun pemakaian dapat dipastikan thermal paste dan pad sudah mengering, bahkan banyak laptop muncul overheat tidak lama setelah masa garansi resmi habis, (thermal paste = perekat kepala prosesor dengan plat pendingin, thermal pad biasanya pada Chip VGA)
5. Cek temperatur mainboard, bisa menggunakan software seperti PC Wizard atau software lainya. standar temperatur prosesor intel maksimal 60 derajat C, proc AMD 70 derajat Celsius maksimal. lebih dari itu berarti laptop anda sudah mengalami kasus over heating.
dampak over heating mengerikan bukan? sebelum muncul masalah serius yang menguras dompet kita, kami memberikan solusi :

Kedailaptop
*paket perbaikan sistem pendingin* yang meliputi;
- Bongkar total dan cuci mainboard
- Ganti thermal paste (kualitas premium khusus laptop)
- Ganti thermal pad (kualitas premium khusus laptop)

Murah meriah, Hanya 100rb tidak sebanding dengan manfaat yang diberikan. untuk warga jogja buruan merapat..

Kedailaptop 1 :
Jl. Jembatan merah no.4 prayan wetan, sleman, 085725068325 (WA Aktif)
Kedailaptop 2 :
jl. Karangturi-ngipik km1, Baturetno, banguntapan, bantul, 085649997458 (WA aktif)

2 komentar

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

bos fleksibel Leptop Lenovo G400....ada g ya???

Simple Map

Simple Map

 
Design by WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook, Facebook