Senin, 10 September 2018

Usia Laptop lebih 2Th? Wajib perhatikan tips ini sebelum fatal akibatnya

Tips merawat laptop usia 2 tahun

Halo kawan kawan.. kali ini kami akan berbagi tips perawatan laptop khusus untuk laptop kamu yang usia laptopnya sudah lebih dari 2 tahun. kenapa 2 tahun? karena di usia 2 tahun itulah titik rawan laptop yang jarang orang ketahui. seperti kita ketahui bersama garansi resmi yang diberikan servis center rata-rata hanya 1 tahun, beberapa seri tertentu garansi 2 tahun, ini tentunya bukan tanpa pertimbangan dari produsen, mereka sudah melakukan riset panjang. di usia laptop 2 tahun laptop sudah mengalami beberapa penurunan performa, kecuali jika kamu mengikuti tips dari kami, laptop bisa kembali fresh lagi. simak perlahan ya, uraian ini berdasarkan pengalaman kami melayani jasa perbaikan laptop selama 8 tahun. maaf kalau agak panjang..

Berikut keluhan yang sering dirasakan para pengguna laptop dengan usia 2tahun+
- Laptop mudah cepat panas
- Performa menurun, gampang nge'hang"
- Keyboard beberapa tombol tidak berfungsi
- Batterai Consider (muncul tanda silang)
- Suara kipas berisik
- dsb

bahkan bisa muncul masalah lebih serius jika tidak segera diatasi, seperti laptop hanya nyala indikator tetapi tampilan gelap (no display), atau bahkan mati total.

Lalu Apa yang sebetulnya terjadi saat laptop sudah usia 2 tahun?
berikut berdasarkan pengalaman kami, delapan tahun kami membuka jasa perbaikan laptop, kejadian ini selalu berulang.

1. Thermal paste mengering
thermal paste adalah pasta yang berfungsi menghantarkan panas dari kepala prosesor ke plat tembaga pendingin, pasta ini mengandung cairan dan umumnya usia 2 tahun sudah mengering, efeknya beban panas terkumpul di kepala chipset atau kepala prosesor.



2. Sirkulasi udara sistem pendinginan kurang optimal
ini juga sangat sering terjadi, terutama bagi perokok, tanpa sadar debu rokok banyak tersedot kedalam laptop dan menyumbat sistem pendingin, seringkali juga karena kesalahan peletakan laptop, misalnya sering nonton video dengan posisi laptop diletakan di atas kasur atau di atas bantal, atau diatas tempat yang permukaanya tidak rata dan berpotensi menghambat sistem sirkulasi seperti karpet berbulu, taplak meja berbulu dsb.
perlu diketahui bahwa hampir semua laptop sistem sirkulasi udaranya yaitu mengalirkan udara lewat lubang dibagian bawah laptop, mengalirkan ke bagian dalam dan membuang angin panas melalui sirip sirip samping. jika lubang bagian bawah tertutup maka ini bisa menjadi sumber masalah serius bagi laptop anda.



3. Silicon Pad mengeras
Silicon pad umumnya digunaan untuk menghantarkan panas Chip VGA ke lempengan pendingin, jika prosesor menggunakan pasta thermal kalau di Chip VGA biasanya menggunakan Silicon pad. silicon pad usia relatif lebih lama dibanding thermal paste, biasanya mulai mengeras setelah 3-4tahun penggunaan. namun ada baiknya diganti sebelum waktunya untuk memperpanjang usia Chip VGA. jika Chipset VGA sudah lemah (indikatornya Chipset cepat panas meskipun sistem pendingin sudah baik) maka performa pun akan turun drastis, solusinya ganti chips, tapi ini cukup beresiko karena pemasangan chip membutuhkan alat khusus (BGA Rework) dan skill khusus, belum lagi harga chipset VGA yang relatif mahal.

4. Operating sistem(OS) dan penyimpanan data
di usia pemakaian lebih dari 2 tahun sudah jelas OS perlu di maintenance, data juga perlu dirapikan(Defragment).

Nah.. dari berbagai kondisi dan keluhan diatas ternyata kebanyakan masalah muncul disebabkan oleh overheating/temperatur panas berlebih. saat terjadi overheating, semua bagian bekerja keras dari batterai, mainboard sampai ke semua device. untuk masalah software mungkin cukup lakukan recovery windows misalnya, kemudian defragment hardisk, tetapi untuk masalah hardware, jika sudah muncul masalah sperti Chipset melemah, hardisk badsector, keyboard tidak berfungsi, layar lcd berjamur atau muncul blok keyboard dan touchpad dilayar tentu menjadi masalah serius yang penangananya cukup menguras dompet kita.

Berikut yang harus dilakukan!!!

Sebelum muncul masalah yang lebih serius;
1. Pastikan selalu laptop dinyalakan dalam kondisi semua lubang sirkulasi udara tidak tertutup, misalnya jika anda hobi menyalakan laptop di kasur maka gunakan papan atau landasan lain yang rata permukaanya, bisa buku tebal atau meja laptop portabel.
2.  Lakukan pengecekan rutin temperatur laptop, nilai wajarnya adalah max 65 derajat C untuk AMD, 60 derajat C untuk Intel. lebih dari itu berarti perlu penanganan. Bersihkan menggunakan vacum pembersih laptop, jika penyumbatan sudah parah berarti perlu penanganan lebih lanjut.
3. Lakukan pengecekan rutin kesehatan hardisk.
biasanya kami gunakan software hdd sentinel (silahkan googling sendiri )untuk mengukur kesehatan dan perform hardisk, jika kesehatan sudah dibawah 80% maka sebaiknya segera amankan/backup data penting anda daripada menyesal dikemudian hari.
4. lakukan pengecekan rutin sirkulasi udara, perhatikan dimana lubang pembuangan udara panas di laptop anda, biasanya di sebelah kiri depan atau sebelah kanan. saat kipas berputar rasakan apakah ada angin keluar atau hanya temperatur panas saja tanpa ada hembusan angin. jika terasa tanpa ada hembusan angin ini harus segera di perbaiki.
5. Jika sudah ada indikasi gangguan sistem pendingin,tanda-tandanya laptop cepat panas maka segera lakukan Perbaikan sistem pendingin.

Perbaikan Sistem Pendingin
dalam proses perbaikan sistem pendingin ini hanya bisa dilakukan oleh tenaga ahli, pasta dan silicon pad yang digunakan juga pastikan menggunakan bahan yang sesuai.
anda bisa membawanya ke teknisi laptop terdekat.
Jika anda tinggal di jogja atau sekitarnya Silahkan bisa bawa ke tempat kami untuk perbaikan Sistem Pendingin, Setahun sekali untuk membuat laptop kembali fresh, paket perbaikan sistem pendingin meliputi:
- Pergantian Thermal paste premium quality
- Cuci mainboard
- Pergantian Silicon Pad
Penjelasan detailnya beserta info tarif bisa klik ini

Jika dirasa manfaat, silahkan share ke yang lain. saya tulis murni dari pengalaman pribadi, mohon maaf jika ada salah :)
Salam

Abdullah Kedailaptop Jogja

Simple Map

Simple Map

 
Design by WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook, Facebook